Rabu, 28 Juli 2010

Perang Badar, Perang Uhud dan Perang Ahzab

Sumur di padang Badar

Dalam sejarah tercatat bahwa kafir Quraisy sejak permulaan Islam sudah keras dalam memusnahkan Islam dan selama 13 tahun menghalangi menegakan Islam. Rasulullah SAW selalu mendapat perlawanan sengit dari bangsa Quraisy sehingga beliau hijrah ke Madinah.

Meskipun umat Islam pindah ke Madinah, kafir Quraisy masih tetap memusuhi Islam. Harta kekayaan umat islam di Makkah dirampas, disita, dan dibagi-bagikan antara mereka.


Kemudian Allah SWT menurunkan Q.S. Al Hajj: 39-40 yang berisi mengizinkan perang melawan kafir Quraisy guna membela diri. Ayat tersebut mendorong Rasulullah SAW dan umat Islam untuk melakukan perlawanan terhadap orang kafir. Adapun peperangan yang beliau lakukan antara lain:
1) Perang Badar
Perang ini terjadi tanggal 17 Ramadhan 2 H, yang di menangkan kaum muslimin. Yang disebutkan dalam Al Quran "Yaumul Furqan" artinya hari memisahkan antara yang hak dan yang batil. Setelah Perang Badar, kedudukan Islam semakin kuat dan kokoh.

2) Perang Uhud
Perang ini terjadi di kaki Gunung Uhud di bulan Syakban tahun 3 H. Jumlah kafir Quraisy adalah 3.000 orang dan jumlah kaum muslimin 100 orang yang sebagian menjadi munafik yang dipimpin Abdullah bin Ubbay. Pahlawan Islam Hamzah gugur dan Rasulullah SAW mengalami luka-luka. Secara lahir, umat Islam mengalami kekalahan tetapi secara batin mendapat pengalaman menghadapi kafir Quraisy.

3) Perang Ahzab
Perang ini terjadi bulan Syawal tahun 5 H. Dinamakan Ahzab karena persekutuan kafir Quraisy dari Bani Gatfan, Bani Salim, Bani Asad, Bani Murah, Bani Asya, Bani Nazir. Mereka mampu menyerbu dan mengepung kota Madinah, sehingga dikenal dengan "Perang Khandaq". Akhirnya kemenangan di pihak kau muslim. Sesudah peperangan berakhir, pemimpin Quraisy yang bernama Amr bin Ash dan Khalid bin Walid masuk Islam sebagai tanda berakhirnya peperangan melawan kafir Quraisy.




Diambil dari: LKS TUNTAS kelas X Semester 2 hal 58-59.

Label:

1 Komentar:

Pada Rabu, November 23, 2011 7:39:00 PM , Anonymous Anonim mengatakan...

alhamdulillah bagus akh..syukron moga bermamfaat.dan pahalanx antum di balas oleh Allah SWT.

 

Posting Komentar

Ketikkan saran dan komentar anda. Walaupun singkat tetapi saran dan komentar yang anda berikan sangat berarti buat blog ini. Silahkan beri Komentar anda dengan mengisi boxs dibawah ini. Jika tidak mempunyai Akun, pilih ANONIM/ANONYMOUS. Terima Kasih Banyak Telah Mengunjungi Blog ini.

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda