Minggu, 07 Februari 2010

Cara membuat blog di Blogger.com


BloggerSalah satu free blog provider atau penyedia blog gratis yang populer saat ini adalah blogger.com atau blogspot, oleh karena id Tutorial akan menyuguhkan tutorial membuat blog di blogger.com.
Kenapa harus membuat blog di blogger.com bukan yang lainnya? Sebenarnya tidak ada keharusan untuk membuat blog di blogger.com, namun ada banyak kelebihan yang dimiliki blogger.com di banding dengan penyedia blog yang lainnya. Beberapa contoh kelebihan blogspot di banding yang lain yaitu mudah dalam pengoperasian sehingga cocok untuk para pemula, lebih leluasa dalam mengganti serta mengedit template sehingga tampilan blog anda akan lebih fresh karena hasil kreasi sendiri, custom domain atau anda dapat mengubah nama blog anda dengan nama domain yang dimiliki sedangkan hosting tetap menggunakan blogspot.

Perlu ditekankan dari awal bahwa internet itu sifatnya sangat dinamis, sehingga mungkin saja dalam beberapa waktu kedepan panduan membuat blog di blogger.com akan sedikit berbeda dengan apa yang anda lihat di blogger.com
Untuk mengurangi hal yang tidak perlu di tulis, berikut cara membuat blogger di blogger.com

Membuat Email

Salah satu syarat yang harus dipenuhi dalam membuat blog adalah anda memiliki alamat email yang masih aktif atau di gunakan. Jika anda belum mempunyai alamat email, silahkan baca tutorial tentang Cara membuat Email di Gmail, karena blogger adalah salah satu layanan dari Google maka ketika mendaftar ke blogger sebaiknya gunakan email gmail.

Daftar Blog di blogger.com

• Silahkan kunjungi situs http://www.blogger.com
• Alihkan perhatian kesebelah kanan atas, disana terletak menu drop down dan silahkan ganti penggunaan bahasa ke bahasa Indonesia agar lebih mudah untuk dipahami. Setelah itu klik tombol “BUAT BLOG
halaman pendaftaran blogger
• Setelah halaman pendaftran terbuka, ada dua opsi pilihan yaitu login dengan akun gmail atau mendaftar dengan email selain gmail. Karena tentunya anda telah mempunyai akun gmail, maka sebagai contoh silahkan pilih opsi login dengan klik link “Login terlebih dahulu
login-ge-blogger
• Silahkan login dengan alamat email gmail dan username anda.
login-gmail
• Isi nama tampilan yang akan muncul di blog nantinya. Beri tanda ceklis pada kotak kecil disamping Penerimaan Persyaratan, lalu klik anak panah bertuliskan LANJUTKAN.
nama-tampilan-blog
• Isilah nama judul blog serta alamat blog yang di inginkan. Ingat! dalam membuat alamat blog harus benar-benar serius karena itu permanen tidak dapat digantikan lagi (kecuali nanti ganti dengan custom domain). Jika alamat yang diinginkan ternyata tidak bisa digunakan, masukkan kembali alamat lain yang masih tersedia. Jika alamat blog yang diinginkan masih tersedia, silahkan klik anak panah bertuliskan LANJUTKAN.
lamat-blog
• Silahkan pilih template yang anda sukai ( template ini nanti bisa diubah lagi kapan saja anda mau), kemudian klik LANJUTKAN.
pilih-template
• Klik tombol MULAI BLOGGING
sudahjadi
• Setelah masuk post editor, silahkan isi apa saja. Contoh : hello world, lalu klik tombol TERBITKAN ENTRI.
• Selesai.
Untuk tahap awal, blog anda sudah jadi dan bisa diakses dimana saja.

Sumber :http://idtutorial.com/blogging/cara-membuat-blog-di-blogger-com.html#more-179

Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Ketikkan saran dan komentar anda. Walaupun singkat tetapi saran dan komentar yang anda berikan sangat berarti buat blog ini. Silahkan beri Komentar anda dengan mengisi boxs dibawah ini. Jika tidak mempunyai Akun, pilih ANONIM/ANONYMOUS. Terima Kasih Banyak Telah Mengunjungi Blog ini.

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda